KOMPETENSI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Kompetensi Utama          Dalam rangka mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi, maka dirumuskan profil lulusan PS Teknik Industri sebagai berikut:
a.System Designer
Sarjana Teknik Industri yang bertanggung jawab dan mampu menganalisis serta merancang sistem kerja dari    suatu organisasi.
b.System Improver
Sarjana Teknik Industri yang mampu di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat awal, efektif menggunakan metode dalam disiplin teknik industri untuk melakukan perancangan dan perbaikan proses dan sistem pada organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas keluaran organisasi tersebut.
c.System Installer
Sarjana Teknik Industri yang mampu dan terampil dalam melakukan pemasangan (installation) proses dan sistem yang dirancang dan diperbaiki untuk lebih efektif dan efisien pada organisasi.
d.System Manager
Sarjana Teknik Industri yang mampu merencanakan, menggunakan, dan mengendalikan ketersediaan sumber daya untuk hasil yang optimal pada suatu organisasi.

   Untuk mewujudkan tercapainya Profil Lulusan di atas, lulusan PS Teknik Industri memiliki kompetensi utama yang sesuai dengan KKNI level 6 program studi Teknik Industri, yaitu:
a.Menguasai konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa, sains rekayasa, dan  perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi.
b.Menguasai pengetahuan tentang Teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem.
c.Menguasai pengetahuan tentang Teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.
d.Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum.
e.Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegral (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi).
f.Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan.
g.Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental.
h.Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai dengan standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berkalu dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kurtural.
i.Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekasaya dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi.
j.Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai dengan aktivitas rekayasa.

Berdasarkan kompetensi utama lulusan PS Teknik Industri, daftar Mata kuliah pendukung kompetensi utama lulusan PS Teknik Industri adalah sebagai berikut:


Kompetensi Pendukung
Sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan kompetensi utama lulusan PS Teknik Industri, kompetensi pendukung lulusan PS Teknik Industri, yaitu:
1.Mengetahui teknologi informasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.
2.Memiliki kemampuan leadership, manajemen dan keuangan dengan menjunjung tinggi agama, norma, dan etika dalam masyarakat.
3.Memiliki kemampuan technopreneur.
4.Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris secara efektif.

Mata kuliah yang termasuk dalam kompetensi pendukung lulusan PS Teknik Industri adalah:

Kompetensi Lain
Kompetensi lainnya PS Teknik Industri, yaitu:
a.Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
b.Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
c.Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
d.Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
e.Mampu menjadi tokoh masyarakat di bidang agama dan budaya dengan pendekatan perspektif al ghozali.

Daftar mata kuliah pendukung kompetensi lain PS Teknik Industri adalah: